Jurusan Kuliah Sistem Informasi dan Peluang Kerja Jurusan SI

5/5 - (59 votes)

Kemajuan teknologi yang semakin pesat mendorong perubahan besar dalam lini kehidupan. Jurusan kuliah Sistem Informasi sangat di cari pada saat ini. Bagaimana tidak, teknologi yang semakin canggih memudahkan manusia untuk melakukan berbagai hal, seperti bertransaksi online, berkomunikasi hanya dengan sentuhan jari, belajar online, hingga bekerja secara online. Dengan adanya hal tersebut, SDM dengan kemampuan di bidang teknologi dan informasi pasti sangat dicari. Sistem informasi merupakan salah satu kemampuan yang ramai dicari oleh perusahaan. Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan sistem informasi, yuk kenali dulu jurusan ini!

Jurusan Kuliah Sistem Informasi
Jurusan Kuliah Sistem Informasi

Apa itu Jurusan Sistem Informasi?

Program studi Sistem Informasi adalah jurusan yang menggabungkan beberapa bidang keilmuan seperti ilmu komputer, manajemen, dan bisnis, dengan tujuan memanfaatkan ilmu dan teknologi komputer untuk mendukung kebutuhan bisnis. Jurusan ini mempelajari cara mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan, serta merancang sistem yang memenuhi kebutuhan perusahaan. Selain itu, jurusan ini juga akan mempelajari bagaimana menganalisis, mengolah, dan memvisualisasikan data suatu perusahaan untuk dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan di suatu perusahaan. Dengan harapan, lulusan program studi sistem informasi dapat mengembangkan sistem pengolahan data sebagai informasi yang berguna bagi perusahaan.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Jurusan ini?

Seorang lulusan Sistem Informasi diharapkan mampu menerapkan ilmunya untuk kebutuhan perusahaan, oleh karena itu, materi kuliah yang diperoleh merupakan kombinasi dari kemampuan manajemen, bisnis, dan teknologi informasi. Ilmu tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemrograman, administrasi, hingga akuntansi sebuah perusahaan.

Baca Juga  Universitas di Rusia: Biaya Kuliah dan Beasiswanya

Maka, untuk melatih lulusan jurusan Sistem Informasi, mata kuliah yang dipelajari pada jurusan ini di antaranya:

  • Perencanaan Sumber Daya Perusahaan
  • Manajemen Proyek Teknologi Informasi
  • Manajemen Pengadaan dan Investasi Teknologi Informasi
  • Manajemen Risiko Teknologi Informasi
  • Keamanan Aset Informasi
  • Analisis dan Desain Perangkat Lunak
  • Desain dan Manajemen Jaringan Komputer
  • Desai dan Manajemen Proses Bisnis
  • Bahasa Pemrograman
  • Sistem dan Teknologi Informasi

Mengapa harus Memilih Jurusan Sistem Informasi?

Agar kamu lebih yakin untuk memilih jurusan kuliah Sistem Informasi, beberapa alasan di bawah ini bisa kamu jadikan pertimbangan. Apa saja alasan-alasan tersebut? Check it out!

Mempelajari Dua Sisi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa sistem informasi adalah jurusan yang menggabungkan beberapa bidang keilmuan yaitu komputer, manajemen, dan bisnis.

Memulai Karir dari Bangku Kuliah

Karena sistem informasi bekerja menggunakan komputer, maka selain menjadi mahasiswa, kamu juga bisa menjadi seorang programmer tanpa perlu menunggu hingga lulus kuliah.

Banyak Dicari oleh Perusahaan

Industri 4.0 yang semakin melesat menjadikan segala sesuatunya dihubungkan dengan komputerisasi. Karena itulah, banyak perusahaan yang mencari lulusan yang mahir dalam ilmu komputer sekaligus manajemen bisnis ini.

Ilmu yang Aplikatif

Kajian-kajian dalam Ilmu Sistem Informasi menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan prakteknya secara nyata oleh berbagai pihak. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba melakukan upaya digitalisasi untuk memudahkan proses dan mengoptimalkan pelayanan.

Banyak Pilihan Karir

Pilihan karir yang bisa kamu pilih ketika lulus jurusan Sistem Informasi sangat beragam, sebab kemampuan atau skill yang dimiliki juga sangat beragam. Prospek karir yang bisa kamu pilih antara lain, bekerja sebagai programmer, busines development, website developer, project manager, data analyst, teknisi IT, business analys, dan business intelligent.

Peluang untuk Melanjutkan Studi Pascasarjana

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi hingga doktor, pilihan program studi dengan latar belakan jurusan sistem informasi juga sangat beragam. Program studi ini sudah banyak tersedia di perguruan tinggi yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

Baca Juga  Beasiswa UNJ Universitas Negeri Jakarta untuk Mahasiswa S1 S2 dan S3

Prospek Karir Lulusan Sistem Informasi

Ketika memilih jurusan kuliah, sudah menjadi hal yang wajar jika kita juga memikirkan prospek karirnya. Semakin luas prospek karirnya, semakin banyak pula peminatnya. Namun jangan khawatir, jurusan Sistem Informatika ini memiliki peluang kerja yang luas, beragam, dan juga menjanjikan. Apa saja prospek kerja lulusan Sistem Informasi?

Konsultan IT

Di era yang serba digital membawa setiap orang mau tidak mau harus beradaptasi. Mulai dari perusahaan kecil hingga besar harus bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk menyusun strategi mengembangkan perusahaannya. Di sinilah, lulusan Sistem Informasi dibutuhkan. Banyak perusahaan yang membutuhkan kehadiran seorang konsultan IT untuk memberikan pemahaman, melakukan analisis, dan masih banyak hal lainnya. Dengan menjadi seorang konsultan IT, kamu bisa memperoleh sekitar Rp6,9 juta per bulan.

Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer)

Seorang lulusan Sistem Informasi sangat potensial untuk menjadi seorang software developer yang merancang perangkat lunak sesuai kebutuhan perusahaan tertentu karena telah mempelajari ilmu seputar komputerisasi dan pengaplikasiannya dalam kehidupan nyata. Perangkat lunak yang dirancang akan membantu kelancaran serta produktivitas bisnis di berbagai bidang. Bekerja sebagai pengembang perangkat lunak membuatmu bisa menerima gaji sekitar Rp10 juta per bulan. Fantastis, bukan?

Baca Juga  Beasiswa UNS untuk Kuliah S1 S2 dan S3

Data Scientist dan Data Analist

Menjadi seorang data analist membuat kamu bergelut dengan bahasa dan prosedur coding guna menganalisis dan mengaplikasikan data sebuah perusahaan. Sedangkan data analist harus mampu mengolah data mentah menjadi sebuah informasi yang berguna bagi bisnis. Lulusan Sistem Informasi bisa memiliki dua kemampuan tersebut sekaligus, sehingga menguntungkan bagi kamu untuk memilih karir. Gaji yang diterima seorang data analist atau data scientist berkisar antara Rp7 juta per bulan.

Membuat Tech StartUp Sendiri

Dengan membuat Tech StartUp sendiri, mulai dari konsultan IT hingga startup khusus pembuatan software, kamu berkemungkinan untuk memiliki perusahaan sendiri dan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Itu dia penjelasan seputar jurusan kuliah Sistem Informasi, mulai dari hal yang dipelajari hingga prospek kerja jika kamu mengambil jurusan ini. Bagaimana? Sudah yakin untuk mengambil jurusan ini setelah membaca penjelasan di atas? Jika anda membutuhkan bantuan biaya kuliah, silahkan anda baca pada tautan berikut Beasiswa S1 dan silahkan anda baca Cara mendapatkan Beasiswa Kuliah supaya anda memiliki informasi untuk mempersiapkannya.

Tinggalkan komentar