Jurusan Kuliah IPA Yang Menjamin Masa Depan

5/5 - (55 votes)

Jurusan Kuliah IPA Yang Menjamin Masa Depan– Untuk mahasiswa dan para siswa/i yang ingin masuk ke perguruan tinggi dan memilih untuk masuk ke jurusan IPA, jangan terlalu khawatir tentang masa depan kalian. Karena ada berbagai macam jurusan yang terjamin untuk masa depan yang akan menanti kalian semua. Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah S1 namun tidak ada biaya kuliah silahkan anda baca Beasiswa Kuliah S1

Jurusan Kuliah IPA Yang Menjamin Masa Depan
Jurusan Kuliah IPA Yang Menjamin Masa Depan

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan pertama adalah teknik informatika. Jurusan ini mempelajari berbagai prinsip dalam ilmu komputer dan analisis yang matematis didalam langkah-langkah pembuatan software dan kinerja dari komputer itu sendiri. Dalam jurusan ini, kalian akan belajar tentang komputer seperti pemrograman, pengembangan software, dan juga teknologi jaringan komputer. Untuk itu, sebelum kalian menetapkan tujuan kesini, kalian harus bisa menguasai dasar dari matematika dan kemampuan yang kuat untuk menganalisis agar dapat meminalisir kesalahan dalam suatu program.

Setelah lulus dari jurusan ini, kalian bisa menjadi seorang data scientist, programmer, web developer, bahkan game developer dan bisa membuat game sendiri. Universitas yang memiliki Jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia diantaranya; Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sebelas Maret, Universitas Telkom dan Universitas Bina Nusantara.

Baca Juga  Beasiswa Universitas Negeri Malang untuk S1, S2 dan S3

Jurusan Matematika

Jurusan kedua adalah Matematika. Mungkin masih banyak yang mengira kalau jurusan Matematika hanya untuk menjadi pengajar saja, padahal ada banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Contohnya seperti: analis data, aktuaris, bahkan bisa menjadi software engineer.

Dalam jurusan ini, kalian bukan hanya sekedar mempelajari operasi perhitungan yang kalian dapati saat di bangku sekolah. Tapi juga mendalami salah satu dari tiga bidang keahlian yang ada di dalam jurusan ini. Yang pertama, ada Aljabar. Aljabar lebih berfokus pada pemahaman, pembelajaran dan pengembangan teori. Sedangkan Matematika Terapan kea rah pengolahan data statistik untuk penyelesaian masalah. Dan yang terakhir, Ilmu Komputer. Cabang ini berfokus untuk membuat software, mirip dengan mahasiswa yang ada di Jurusan Teknik Informatika.

Jurusan Bioteknologi

Jurusan selanjutnya adalah Bioteknologi. Bioteknologi adalah salah satu cabang dari ilmu Biologi yang membahas tentang cara untuk memanfaatkan bagian-bagian yang ada pada makhluk hidup agar dapat menghasilkan barang ataupun jasa yang dapat bermanfaat bagi umat manusia. Jadi, Bioteknologi ini mempelajari tentang berbagai penerapan Bioteknologi yang telah ada sejak zaman nenek moyang hingga saat ini. Dan karena itu, lulusan Bioteknologi sangat dibutuhkan diberbagai bidang. Contohnya seperti bidang pangan, kedokteran, farmasi, lingkungan, pertambangan, pertanian, peternakan, dan lainnya.

Jurusan Teknik Industri

Jurusan keempat,  Teknik Industri. Banyak yang mengatakan bahwa jurusan ini bukan jurusan yang tidak cocok dengan kata ‘teknik’ karena disini kalian akan mempelajari tentang proses industri dari sudut pandang teknik dan manajemen. Karena hal itu banyak yang mengatakan bahwa jurusan ini tidak sesuai dengan kata ‘teknik’ padahal jurusan ini salah satu cabang dari jurusan Teknik Mesin.

Baca Juga  Beasiswa IDCloudHost untuk Beasiswa S1 sampai Lulus

Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja menjadi Product Analyst (pengembang strategi marketing), Health and Safety Officer (perencana dan pelaksana program salam hal keselamatan dan kesehatan kerja), Human Resource (HRD). Itu beberapa pekerjaan yang bisa dimiliki setelah lulus. Dan ini beberapa Universitas yang memiliki jurusan Teknik Industri terbaik; Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Jurusan Gizi

Yang terakhir, jurusan Gizi. Jurusan ini bukan hanya sekedar mempelajari gizi dan pangan dari kacamata kesehatan, kalian juga harus menguasai skill berkomunikasi yang baik. Karena dalam pekerjaannya, ahli gizi sering melakukan penyuluhan tentang pentingnya asupan gizi yang bernutrisi. Dan bukan hanya di posyandu, puskesmas ataupun rumah sakit, kalian juga bisa melakukan hal ini di sekolah, universitas, pusat kebugaran dan sebagainya.

Di jurusan ini, kalian tidak hanya mempelajari pangan dan kandungan gizi didalamnya. Kalian juga akan mempelajari tentang cara berkomunikasi yang baik, cara untuk memberikan diet yang baik dan benar pada pasien, bahkan cara manajemen untuk jasa makanan dan gizi. Setelah lulus, lowongan kerja untuk kalian bukan hanya terbatas sebagai ahli gizi saja, kalian juga bisa menjadi Quality Control (orang yang mengecek kelayakan produk makanan dan minuman sebelum diedarkan), pengusaha, peneliti, PNS, bahkan seorang penulis

Tinggalkan komentar