Daftar Beasiswa dalam Negeri yang Bisa Dicoba

5/5 - (62 votes)

Saat ini kita akan membahas Daftar Beasiswa dalam Negeri yang Bisa Dicoba untuk membantu anda dalam hal pembiayaan biaya kuliah. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu faktor majunya sebuah negara diukur dari kualitas pendidikannya. Namun, kualitas pendidikan yang baik tidak dinilai dari tingginya pendidikan yang ditempuh, melainkan dinilai berdasarkan karakter dan moralitas peserta didik. Setinggi apapun pendidikannya, sebagus apapun akreditasi instansinya, jika karakter dan moralnya rendah, maka akan tetap dipandang rendah.

Daftar Beasiswa dalam Negeri yang Bisa Dicoba
Daftar Beasiswa dalam Negeri yang Bisa Dicoba

Sayangnya, beberapa kalangan mulai dari anak-anak hingga remaja usia sekolah tidak memperoleh pendidikan sebagaimana mestinya. Faktor penyebabnya banyak, salah satunya adalah permasalahan ekonomi. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa pihak mulai dari pemerintah, perusahaan, hingga yayasan memberikan bantuan dalam bentuk beasiswa.

Beasiswa adalah pemberian bantuan berupa keuangan yang diberikan kepada perorangan dengan tujuan untuk membantu keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan, hingga yayasan dengan berbagai syarat dan kriteria yang harus dipenuhi. Sebelum mendaftar program beasiswa, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja jenis-jenis beasiswa yang ada, sehingga kita dapat menentukan mana beasiswa yang cocok untuk kita. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis beasiswa.

Beasiswa Berdasarkan Cakupan Beasiswa

  • Beasiswa penuh, adalah beasiswa yang diberikan dari awal masuk hingga lulus. Beasiswa ini juga memberikan biaya pendukung lain seperti biaya kebutuhan hidup, biaya perjalanan, biaya akomodasi, asuransi, bahkan sarana dan prasarana belajar, tergantung lembaga pemberi beasiswa.
  • Beasiswa parsial atau sebagian, yaitu beasiswa yang menanggung sebagian dari total biaya pendidikan yang dibutuhkan. Misalnya, biaya yang diberikan hanya biaya pendidikan, atau hanya uang saku, akomodasi, dan lain sebagainya.

Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan

  • Beasiswa dari pemerintah, merupakan beasiswa yang diberikan oleh pihak pemerintah sebagai organisasi publik. Berbagai departemen dan lembaga pemerintahan lain menyediakan berbagai beasiswa yang terbuka untuk umum, seperti beasiswa LPDP, BAPPENAS, dan beasiswa LIPI.
  • Beasiswa dari pihak swasta, yaitu beasiswa yang ditawarkan oleh institusi swasta yang berupa perusahaan-perusahaan besar atau korporat. Beasiswa yang ditawarkan pun mayoritas berupa perwujudan dari program Corporate Social Responbility (CSR) perusahaan tersebut pada lingkungannya. Contoh beasiswa ini antara lain beasiswa Tanoto Foundation, beasiswa Djarum Plus, dan masih banyak lagi.
  • Beasiswa dari negara maju atau donor, merupakan bentuk kerjasama eksklusif dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial antara negara maju dengan negara berkembang. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. Selain itu, beasiswa ini juga bertujuan untuk memperbanyak pusat-pusat penelitian di negara berkembang, seperti beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris, beasiswa Fulbright dari pemerintah AS, beasiswa Nuffic Neso (NEC) dari pemerintah Belanda, dan lain sebagainya.
  • Beasiswa dari komunitas, organisasi, atau yayasan, adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh komunitas, organisasi, atau yayasan yang berlatar belakang sosial, akademik, atau pun keagamaan yang peduli terhadap pendidikan. Program beasiswa yang ditawarkan biasanya selaras dengan nilai-nilai yang dijunjung oleh komunitas, organisasi, atau yayasan yang bersangkutan. Contoh dari beasiswa ini antara lain beasiswa The Habibie Center dan beasiswa Yayasan Orbit Hasri Ainun Habibie.
  • Beasiswa perguruan tinggi, yaitu program beasiswa yang diberikan oleh lembaga atau instansi perguruan tinggi yang ditujukan kepada mahasiswanya sendiri.
Baca Juga  Beasiswa Miaamanda20 Biaya UKT dan Uang Saku Sampai Lulus

Beasiswa Berdasarkan Bentuk Pembiayaan

  • Beasiswa penghargaan, diberikan kepada pelajar yang memiliki prestasi atau pencapaian akademik terbaik. Indikator dari beasiswa ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa dan nilai rata-rata akademik bagi yang masih sekolah. Selain itu, aktif dalam berbagai kegiatan non-akademik juga menjadi syarat pertimbangan agar bisa mendapatkan jenis beasiswa ini.
  • Beasiswa bantuan, adalah beasiswa yang diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi akademik tinggi namun kurang dalam hal ekonomi. Beberapa faktor yang ditinjau oleh pihak penyedia program beasiswa antara lain pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang masih menjadi tanggungan, dan pengeluaran biaya hidup.
  • Beasiswa penelitian, merupakan beasiswa yang diberikan untuk penerima yang akan melakukan penelitian atau riset terkait bidang studi yang sedang dijalani. Beasiswa ini biasanya diberikan oleh universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintah. Jumlah biaya dan periode waktu yang ditawarkan bergantung pada banyaknya biaya yang dibutuhkan serta lamanya waktu penelitian.
  • Beasiswa non-akademik, merupakan beasiswa yang diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi di bidang non-akademik, seperti prestasi di bidang olahraga.
  • Beasiswa ikatan dinas, yaitu beasiswa yang memberikan syarat kepada para penerimanya untuk mengikat diri dengan ikatan dinas pada pihak sponsor (pemberi beasiswa) sebagai hubungan timbal balik yang menguntungkan kedua belah pihak. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, biasanya kamu akan diwajibkan untuk bekerja di instansi terkait selama jangka waktu tertentu.
Baca Juga  Beasiswa Tarbiyah Sunnah Learning untuk Mahasiswa S1

Daftar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Nah, itu dia tadi sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis beasiswa mulai dari beasiswa berdasarkan cakupan biaya, beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan, serta beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan. Cukup banyak bukan jenis-jenisnya. Beasiswa yang mana nih, yang ingin kamu dapatkan? Yuk, langsung cek saja, beasiswa apa saja, sih yang ada di negeri kita ini.

Bidikmisi

Beasiswa ini ditujukan khusus untuk calon mahasiswa kurang mampu atau mengalami kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan. Selain itu, preastasi akademik yang dimiliki oleh calon pendaftar juga turut dijadikan pertimbangan, apakah calon penerima dengan keterbatasan ekonomi tersebut berhak memperoleh beasiswa ini atau tidak. Untuk detail informasinya, silakan kunjungi https://bidikmisi.belmawa.ristek.go.id.

National Champion Scholarship (NCS)

Meskipun namanya menggunakan bahasa asing, beasiswa ini merupakan beasiswa dalam negeri, lho. Beasiswa ini diberikan oleh Yayasan Tanoto Foundation berdasarkan beberapa kriteria, yaitu kendala ekonomi, prestasi akademik, dan leadership. Yayasan ini akan memberikan tunjangan biaya kuliah selama delapan semester dan biaya tunjangan bulanan. Selain itu, penerima beasisa NCS juga akan mendapatkan pelatihan soft skills dan kesempatan magang di perusahaan Group Royal Golden Eagle. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mendapatkan beasiswa ini? Cek ke www.tanotofoundation.org untuk informasi lengkapnya.

Baca Juga  Beasiswa Juara Lotte Beasiswa Kuliah Total 500 Juta

Beasiswa Unggulan

Beasiswa ini diberikan oleh Kemendikbud adalah salah satu Daftar Beasiswa dalam Negeri yang Bisa Dicoba. Program ini diberikan kepada anda dari sebelum kamu kuliah sampai berada di semester kedua. Terdapat 18 bidang yang diprioritaskan oleh beasiswa ini, yaitu bidang energi, pertanian, maritim, MIPA, teknologi pangan, industri kreatif, pariwisata, kebijakan publik, teknologi informasi, arkeologi, perpustakaan, kebudayaan, seni musik, seni pertunjukan, perfilman, manajemen dan kebijakan pendidikan, kurikulum dan pedagogi, serta pendidikan (PAUD dan PGSD). Periksa eligibilitasmu di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

Berbeda dengan beasiswa di atas, beasiswa ini diberikan oleh kemenag yang ditujukan untuk para santri berprestasi melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Beberapa universitas yang sudah tergabung dalam program ini, yaitu Universitas al Azhar Indonesia, Universitas Cenderawasih, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, UIN Makassar, UIN Bandung, UIN Malang, UIN Semarang, UIN Yogyakarta, UIN Surabaya, dan UIN Jakarta. Mau tahu lebih lanjut tentang PBSB ini? Yuk kunjungi websitenya di https://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id.

Nah, itulah beberapa Daftar Beasiswa dalam Negeri yang Bisa Dicoba yang bisa kamu coba. Setelah membaca keseluruhan mengenai jenis dan program beasiswa dalam negeri yang tersedia, mana yang akan kamu apply? Baca detail persyaratannya dan persiapkan diri sebaik mungkin untuk proses seleksinya, ya. Semoga beruntung!

Tinggalkan komentar