Contoh Personal Statement untuk Program Beasiswa

5/5 - (42 votes)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Contoh Personal Statement untuk program beasiswa. Personal Statemen ini biasanya menjadi salah satu persyaratan dalam program beasiswa selain Essay Beasiswa. Silahkan simak penjelasan berikut ini sehingga anda menghasilkan tulisan yang terbaik.

Contoh Personal Statement Beasiswa
Contoh Personal Statement Beasiswa

Tentang Personal Statement

Personal Statement merupakan esai yang berfungsi untuk mempromosikan diri sebagai kandidat terbaik untuk jurusan kuliah tertentu di universitas tertentu. Kata kuncinya adalah “Person” – so esai tersebut menjelaskan ke universitas tentang siapa diri kamu. Di esai, kamu bisa membahas mengenai latar belakang, prestasi maupun pengalaman-pengalaman terbaikmu yang sempat menjadi titik balik dalam hidupmu. Tujuannya untuk meyakinkan pihak universitas bahwa semua pengalaman hidupmu telah membentukmu sebagai seseorang yang bisa menjadi aset bagi universitas tersebut.

Semisal jika kamu memilih program MBA yang menekankan kepada kepemimpinan, kamu bisa ceritakan bagamana pengalamanmu dalam memimpin di sebuah organisasi yang telah membantumu belajar menjadi seorang pemimpin yang berintegritas, tegas dan terpercaya. Ceritakan pengalaman lain yang memiliki pengaruh besar dalam keputusanmu memilih jurusan kuliah dan universitas.

Menulis Personal Statement

Hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam menulis Personal Statement yaitu:

  1. Be honest and open. Ceritakanlah tentang kesulitan yang telah kamu lewati di sekolah/kampus/kantor atau pengalaman-pengalaman yang berkesan dalam hidupmu. Jelaskan bagaimana pengalaman-pengalaman ini telah mempengaruhi dirimu dan rencana studimu di masa mendatang.
  2. Use your creativity. carilah berbagai ide untuk membuat pihak universitas tertarik membaca personal statement-mu. Misalnya, kamu bisa mencoba menuliskan cerita atau anekdot menarik dari hidupmu. Kamu juga dapat membuka esaimu dengan kutipan dari pengarang atau ilmuwan favoritmu.
  3. Express yourself. Ini adalah inti dari sebuah personal statement. The university would like to know about you specifically. Jangan
Baca Juga  Daftar Beasiswa Deadline September 2022 untuk Pelajar dan Mahasiswa

Bagian-bagian Pernyataan Diri

Berikut ini adalah cara membuat personal statement untuk kamu yang berencana mendaftarkan diri ke universitas:

  • Perkenalan

Satu bagian penting dalam menulis personal statement adalah bagian mengenai diri penulis itu sendiri. Pihak – pihak yang melakukan seleksi program beasiswa tentu ingin mengetahui seperti apa si pemohon beasiswa tersebut. Karakter dari seseorang dapat dilihat dalam bagian ini. Sebaiknya sampaikan hal – hal tentang diri yang terkait dengan pendidikan yang sudah diselesaikan. Latar belakang pendidikan juga pasti mempengaruhi tim seleksi dalam menentukan penerima beasiswa.

  • Prestasi dan Pencapaian

Bagian selanjutnya dari contoh personal statement adalah mengenai prestasi dan pencapaian penulis atau pemohon. Para penerima beasiswa bergengsi biasanya memiliki prestasi yang layak dibanggakan. Pencapaian apapun yang masih sesuai dengan beasiswa wajib disebutkan. Bagi yang memiliki banyak prestasi dan pencapaian boleh saja disebutkan seluruhnya. Namun, tidak ada salahnya juga jika hanya disebutkan yang dianggap paling besar atau bagus.

  • Alasan Memilih Studi dan Beasiswa

Tidak kalah penting dalam menyiapkan personal statement untuk beasiswa adalah untuk menjelaskan alasan – alasan dalam memilih sebuah program studi dan beasiswa yang diinginkan. Bagian ini secara gamblang menampilkan keseriusan dari penulis dan pemohon untuk menjalani studi dengan beasiswa yang ditawarkan penyedia. Dalam bagian ini tidak bisa seorang pemohon menyatakan bahwa dirinya hanya coba – coba saja atau iseng dalam mengajukan permohonan beasiswa.

  • Rencana Jangkan Panjang Terkait Beasiswa dan Studi

Selanjutnya dalam contoh personal statement juga akan ditemukan perencanaan – perencanaan dari penulis untuk masa depan. Dalam hal ini, perencanaan yang dimaksud harus sejalan dan sesuai dengan beasiswa serta studi yang diinginkan. Seorang pemohon dari sebuah program beasiswa harus mampu memikirkan berbagai hal jauh kedepan. Yang harus ada dalam bagian ini misalnya adalah hal – hal yang akan dilakukan dengan ilmunya nanti yang dapat membantu masyarakat luas.

Baca Juga  Beasiswa Tarbiyah Sunnah Learning untuk Mahasiswa S1

Pernyataan Diri

“Nama saya Budi. Dengan bangga saya lulus sebagai 5th Best Graduates Student dengan Cum Laude dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada yang merupakan Universitas Terbaik di Indonesia, Universitas Terbaik ke-4 di ASEAN dan Universitas Terbaik ke-198 di Dunia.”

“Setelah saya lulus, pembimbing tesis saya meminta saya untuk bekerja dengannya di Bisnis Indonesia, harian ekonomi pertama dan terpercaya di negeri ini. Di divisi saya, saya melakukan riset tentang industri keuangan dan produknya. Terkadang, orang bingung harus menginvestasikan uangnya ke mana. Di Indonesia terdapat 122 bank, 409 perusahaan di pasar modal, 300 produk unit link dan lebih dari 950 produk reksa dana. Tugas saya adalah menemukan di antara mereka, mana yang terbaik, bank mana yang beroperasi paling efisien, produk keuangan mana yang memberikan pengembalian tertinggi, konsisten, berkinerja baik, dan perusahaan terdaftar mana yang memiliki aspek fundamental dan teknis yang baik. Dengan pendirian saya, ini dapat membantu investor untuk memutuskan di mana mereka harus meletakkan uang mereka.”

“Sebagai salah satu negara paling maju di dunia yang didukung oleh kondisi ekonomi yang kuat, Inggris memiliki banyak harta untuk dipelajari dan universitas yang diakui termasuk University of Stirling. Jika saya diberi kesempatan untuk melanjutkan studi saya di University of Stirling, saya akan sangat menguasai teori dan mampu mengadaptasi dan memodifikasi prinsip-prinsip teoretis dalam kasus-kasus nyata.”

Baca Juga  Beasiswa Special Talent Scholarship: Beasiswa UKT Diploma dan S1

“Jika ada kesempatan di masa depan, saya memiliki rencana untuk mengejar karir profesional saya di organisasi internasional, seperti Bank Dunia, ADB, IMF atau organisasi internasional lainnya di bawah PBB. Saya memiliki beberapa alasan mengapa saya ingin bekerja di lingkungan multinasional. Saya melihat bahwa meskipun Indonesia adalah negara besar, perwakilan Indonesia dalam organisasi-organisasi ini relatif kecil. Oleh karena itu, jika saya berhasil bergabung dengan organisasi-organisasi ini, saya dapat berkontribusi lebih banyak untuk negara saya. Selain itu, saya juga mencari prestisius dan nilai tinggi atau menjadi bagian dari organisasi internasional yang dapat membuka banyak pintu untuk tujuan jaringan dan kesempatan untuk meningkatkan karir saya sebagai ekonomi atau analis internasional.

Cukup sekian artikel kita, semoga kamu yang masih berjuang untuk mendapatkan beasiswa baik dalam maupun luar negeri, terus bersemangat sampai beasiswa itu jadi milik kamu.

Demikianlah Contoh Personal Statement untuk Beasiswa yang bisa anda coba latihan supaya ketika anda nanti melamar sebuah program beasiswa yang meminta persyaratan ini anda sudah memiliki pernyataan diri yang terbaik. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

Tinggalkan komentar