Contoh Motivation Letter Beasiswa Yang Baik Dan Benar

5/5 - (30 votes)

Artikel kali ini kita akan membahas tentang Contoh Motivation Letter Beasiswa Yang Baik Dan Benar. Biasanya sebuah program beasiswa juga memberikan persyaratan bagi pelamarnya untuk menulis Motivation Letter. Banyak sekali persyaratan sebuah program beasiswa, untuk informasi lebih lanjut apa saja biasanya yang diperlukan dan dipersiapkan silahan anda baca tips beasiswa.

Contoh Motivation Letter
Contoh Motivation Letter

Motivation Letter Beasiswa

Sesuai dengan namanya, motivation letter adalah sebuah surat berbentuk essay yang menjelaskan mengenai uraian tentang kelebihan dan tujuan hidup seseorang sehingga layak untuk menjadi kandidat sebuah beasiswa atau program lainnya.

Surat ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk penyelenggara untuk memilih kamu sebagai kandidat pilihan mereka.

Bagian-Bagian Motivation Letter

Seperti surat pada umumnya, motivation letter terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup. 3 bagian surat ini sangat krusial. Kamu perlu memerhatikan isi masing-masing bagian.

Di bagian pembuka, pastikan kamu membukanya dengan menjelaskan tentang diri kamu, mulai dari nama, asal sekolah/universitas, aktivitas, dan alasan terkuat kamu mengikuti program tersebut.

Dibagian isi, jelaskan mengenai spesifikasi diri kamu mulai dari keahlian yang kamu miliki, prestasi, pengalaman, dan yang terpenting adalah motivasi kamu mengikuti program tersebut, sesuai dengan namanya, motivation letter.

Di akhir paragraph, kamu bisa memberikan sebuah penutup yang menguraikan harapan kamu agar diterima dan hal apa saja yang patut penyelenggara program pertimbangkan agar kamu bisa dipilih menjadi kandidat mereka.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat Motivation Letter yang bisa anda jadikan rujukan:

  1. Pelajari baik-baik informasi yang berhubungan dengan universitas dan jurusan yang dituju (peringkat, concern, proyek riset yang sedang dikembangkan, publikasi penelitian, dan kurikulum).
  2. Cek kembali mata kuliah yang sudah diambil di S-1 atau S-2, kemudian cocokkan dengan mata kuliah/courses yang tersedia di universitas tujuan (S-2 atau S-3).
  3. Ambil satu contoh gaya dan alur penulisan motivation letter untuk diadopsi.
  4. Buat kerangka motivation letter, pilih informasi yang perlu atau tidak perlu dicantumkan (sesuaikan juga dengan CV).
  5. Tulis motivation letter seefektif mungkin (tidak banyak basa-basi dan bertele-tele).
  6. Pilih kata yang lebih umum untuk digunakan.
  7. Cek dan revisi kembali apakah ada spelling dan grammar yang salah.
  8. Jangan pernah mengirim motivation letter yang sama persis dengan tujuan yang berbeda.
  9. Diskusikan motivation letter yang telah ditulis pada orang yang berpengalaman.

Hal yang perlu kamu hindari saat membuat motivation letter

  1. Memelas (mengemis, pesimis, merengek, menyalahkan, memohon, meminta-minta), seperti “Saya berasal dari keluarga miskin.” atau “Saya hidup susah.”
  2. Menulis terlalu banyak, tidak penting, dan bertele-tele. Meskipun kamu memiliki segudang pengalaman, pilihlah pengalaman yang tepat dan sesuai dengan tujuanmu.
  3. Klise atau terlalu mainstream. Contohnya seperti “Saya ingin berkontribusi bagi bangsa dan negara tercinta Indonesia.”
  4. Menjilat atau terlalu melebih-lebihkan, seperti “Kampus dan negara anda adalah yang terbaik di dunia!”
Baca Juga  Alasan Layak Menerima Beasiswa Kuliah

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

  1. Beberapa pemberi beasiswa meminta informasi tertentu untuk dicantumkan di motivation letter/cover letter. Singkatnya, baca dengan teliti tiap persyaratan yang ada.
  2. Secara umum, poin-poin penting sebelumnya hanya merupakan “format standar”, sehingga perlu disesuaikan kembali dengan guideline beasiswa. Bagaimana pun juga, sesuaikan kembali dengan apa yang mereka inginkan.
  3. Pelajari contoh dan tips membuat motivation letter, khususnya dari penerima beasiswa sebagai referensi sudut pandang.

Tips Menulis

Berikut ini beberapa tips buat kamu:

  1. Buatlah dengan menarik
  2. Jangan berlebihan
  3. Buat dengan rapih
  4. Pelajari contoh-contoh motivation letter
  5. Perhatikan dengan teliti informasi yang diminta si penyelenggara program

Contoh Motivation Letter Beasiswa

Berikut ini adalah contoh Motivation letter yang bisa anda baca:

Contoh Motivation Letter
Contoh Motivation Letter

Jika anda membutuhkan Motivation Letter dalam bentuk PDF silahkan anda unduh file pdfnya di sini

Demikianlah informasi lengkap terkait Bagaimana dan Contoh Motivation Letter Beasiswa Yang Baik Dan Benar yang bisa anda jadikan rujukan dalam menulis. SIlahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda

Tinggalkan komentar