Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah

5/5 - (33 votes)

Mendapatkan beasiswa sewaktu kuliah telah menjadi impian banyak orang sehingga banyak cara mengajukan Beasiswa Kuliah yang dicoba. Hal ini dikarenakan, kuliah adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan seseorang baik secara akademik dan non-akademik melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus ataupun lembaga diluar kampus.

Cara mengajukan Beasiswa Kuliah
Cara mengajukan Beasiswa Kuliah

Buat kamu yang berniat untuk melanjutkan studi dengan beasiswa kuliah. Kamu wajib banget mengetahui cara untuk mengajukan beasiswa kuliah, agar usaha kamu untuk memperoleh beasiswa menjadi lebih mudah dan kamu bisa segera mewujudkan mimpimu menjadi seorang sarjana.

Miliki tekad yang kuat

Kamu wajib banget untuk memiliki tekad yang kaut. Pasalnya, jika kamu tidak nekad untuk mencari beasiswa, bagaimana kamu bisa untuk mendapatkan beasiswa impianmu. Kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan peserta untuk mendapatkan suatu beasiswa. Jadi pastikan kamu punya tekad yang kuat ya.

Informasi yang banyak

Kamu wajib banget nih untuk mencari informasi sebanyak mungkin darimanapun. Untuk menambang peluang kamu berhasil mendapatkan beasiswa. Silahkan anda join di Group Beasiswa kami untuk mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya. SIlahkan join di sini

Baca Juga  Alasan Layak Menerima Beasiswa Kuliah

Pahami jenis-jenis beasiswanya

Setelah mendapatkan informasi yang banyak dari berbagai jenis beasiswa yang ada, kamu pasti kebingungan untuk memilih mencoba yang mana. Pastikan kamu pahami setiap beasiswa yang ada ya. Biar kamu ngga nyesel karena ngga pernah nyoba atau malah salah coba.

Tentukan Universitas tujuan kamu

Nah setelah memahami berbagai beasiswa yang ada, kamu sekarang harus menentukan universitas tujuanmu. Pastikan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan kamu melanjutkan studi ya. Lihat dahulu, apakah jurusan yang kamu inginkan ada di universitas tersebut atau tidak.

Penuhi Syarat Beasiswanya

Kalau sudah tahu mau kuliah dimana, sekarang kamu tinggal memenuhi syarat beasiswanya. Pastikan tidak ada satupun syarat yang kamu lewatkan ya.

Siapkan Portfolio

Penting banget nih kamu siapkan, akan pemberi beasiswa tahu track record kamu. Sehingga memungkinkan mereka akan mempertimbangkan kamu untuk memperoleh beasiswa karena portfolio kamu yang apik dan sesuai dengan tujuan kuliah kamu.

English capability

Nah, penting banget nih yang satu ini. Kemampuan berbahasa. Pasalnya, bahasa Inggris sampai saat ini masih menjadi bahasa internasional dan kamu mesti wajib berbahasa Inggris nih kalau kamu mau mendapatkan beasiswa di dalam maupun luar negeri. Hal ini dikarenakan beberapa program beasiswa memberikan persyaratan Sertifikat Toefl.

Baca Juga  Essay Beasiswa Unggulan PDF : Contoh dan Format yang Baik

Anda juga bisa Download Ebook TOEFL PDF

Prestasi selama sekolah/kuliah

Prestasi dan prestasi. Mana ada beasiswa yang muridnya males-malesan terus secara cuma-cuma diberikan beasiswa. Enak amat yak. Hehe. Pastinya, kamu harus wajib kudu berprestasi baru kamu layak mendapatkan beasiswa. Ngga harus akademis kok, kamu bisa juga berprestasi di bidang non akademis.

Motivation Letter

Nah, dokumen satu ini wajib banget kamu tulis dan pelajari. Kamu wajib banget dengan gamblang menunjukkan tujuan kamu, kenapakamu ingin melanjutkan studimu dan apa tujuan dan keuntungan apa yang akan kamu berikan dimasa depan setelah studimu selesai. Silahkan anda baca Motivation Letter.

Didalam motivation letter yang anda tulis, anda juga menjabarkan bagaimana anda layak mendapatkan Beasiswa.

Well, apapun itu, persiapkan segalanya dengan matang. Karena kadang, persiapan matang tidak selalu berbuah manis. Apalagi kalau tidak dipersiapkan. Semoga beruntung, demikianlah cara mengajukan Beasiswa Kuliah yang bisa anda coba. SIlahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

Tinggalkan komentar