Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

5/5 - (41 votes)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri. Kuliah di luar negeri merupakan impian dari semua orang mahasiswa, dan menjadi kebanggan tersendiri bagi keluarga dan lingkungan tempat tinggal dan bisa mengangkat nama lingkungan.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Dibalik itu semua dalam diri kita yang berhasil meraih beasiswa luar negeri akan merasakan bangga pada pencapaian yang kita raih, dan bisa mengenal budaya yang unik dan belum kita ketahui sebelumnya di negara tujuan beasiswa.

Nah sobat penasaran gak trik dan tips untuk bisa meraih beasiswa luar negeri simak nihh penjelasan berikut

Sobat beasiswa dalam mendapatkan beasiswa luar negeri ada tantangan yang harus kita hadapi bisa dibilang tantangan untuk mendapatkannya sangat sulit karena yang menginginkan beasiswa luar negeri bukan hanya satu atau dua orang tapi juga ratusan bahkan ribuan orang pendaftar

Untuk sobat beasiswa jangan gentar terlebih dahulu, dan bersyukurlah kalian yang membaca artikel ini kamu akan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan untuk bisa mewujudkan cita-cita dalam meraih mimpi berkuliah di luar negeri. Berikut ini akan disajikan cara agar mempermudahkan lolos seleksi beasiswa luar negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Memiliki prestasi akademik yang baik

Prestasi merupakan modal penting untuk bisa kuliah di luar negeri terutama jalur beasiswa, pihak penyelenggara akan lebih melihat potensi kalian dengan adanya pembuktian berupa prestasi akademik.

Baca Juga  Beasiswa Youth Scholarship untuk D3 D4 S1 Beasiswa Sampai Lulus

Oleh sebab itu persiapkan diri kalian dengan berprestasi secara akademik seawal mungkin, terlebih jika kalian masih SMA persiapkan dengan matang prestasi akademik kalian, caranya yaitu dengan selalu mendapatkan nilai tinggi  di semua pelajaran, selain itu kalian juga harus bisa berprestasi secara akademik di bidang perlombaan seperti menjuarai olimpiade, cerdas cermat, ataupun lomba karya tulis ilmiah.

Dalam hal mempersiapkan prestasi akademik ini sebaiknya sobat beasiswa jangan menganggap remeh daan terus meningkatkan kapasitas akademiknya sebaik mungkin pandangan pertama dalam menyeleksi program beasiswa luar negeri adalah prestasi akademik yang dimiliki oleh setiap pelamarnya.

Melakukan riset lembaga penyedia beasiswa

Informasi mengenai beasiswa sangatlah banyak termuat di Internet, mulai dari sosial media hingga website-website informasi beasiswa, sebelum sobat melakukan pendaftaran beasiswa sangat diperlukan untuk meriset atau meneliti terlebih dahulu lembaga penyedia beasiswa tersebut.

Tujuannya adalah agar sahabat bisa memilih mana beasiswa yang cocok dengan diri sobat, selain itu mencari informasi mengenai program beasiswa juga bisa menguntungkan looh sobat, kadang ada saja informasi yang dimuat oleh lembaga online kurang relevan kadang ada yang dikurang ada pula informasi yang dilebihkan.

Baca Juga  Beasiswa Pancakarsa untuk Mahasiswa S1

Lalu bagaimana cara nya untuk melakukan riset atau penelitian?, apa boleh untuk menghubungi penyelenggara beasiswa?

Mungkin dua pertanyaan tersebut muncul dibenak sobat sekalian, jawabannya boleh banget sobat untuk menghubungi pihak penyelenggara beasiswa, malah penyelenggara akan bangga jika sobat hubungi dan bertanya mengenai program beasiswa yang diselenggarakan. Untuk cara menghubungi panitia sobat bisa lihat edaran beasiswa jika tertera email, sosmed, atau no telepon bisa dihubungi lewat hal-hal tersebut.

Kuasai Bahasa Asing

Jika kita menginginkan kuliah di luar negeri otomatis bahasa asing harus bisa kita kuasai terutama bahasa pengantar kampus tujuan sobat, karena percuma jika sobat kuliah tapi tidak mengerti apa yang disampaikan oleh dosen atau pengajar disana.

Selain itu biasanya dalam proses pendaftaran beasiswa asing sobat diminta untuk menyertakan sertifikat penguasaan bahasa asing seperti TOEFL ataupun IELTS,  yang tentunya memiliki nilai yang bagus sebagai bukti bahwa sobat bisa menggunakan bahasa asing yang memadai.

Untuk mendapatkan nilai TOEFL atau IELTS biasanya ada program khusus atau les privat tersendiri. Anda bisa Download Ebook TOEFL PDF

Persiapkan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi biasanya dikeluarkan oleh orang-orang yang sudah mengenal personal sobat dengan baik, termasuk atasan, kepala sekolah, kepala desa atau lurah, kepala organisasi, pembimbing organisasi, dan lain sebagainya. Untuk memperolehnya sobat tinggal meminta kepada orang-orang yang berpengaruh serta mengenal personal sobat dengan sangat baik, setelah mendapatkannya jangan lupa berterima kasih.

Baca Juga  Beasiswa Berdaya untuk Mahasiswa Full Beasiswa Kuliah

Usahakan kalau bisa surat rekomendasi ini lebih dari satu agar kesempatan diterima program beasiswa lebih tinggi dengan rekomendasi lebih dari satu orang.

Belajar membuat CV, ataupun Esay

CV atau curriculum vitae merupakan unsur terpenting dalam beasiswa informasi mengenai diri sobat ada pada CV maka dari itu sedari sekarang sobat harus bisa membuat CV yang baik, bagus, dan menarik, agar bisa dilirik oleh penyeleksi

Selain belajar membuat CV sobat beasiswa juga harus belajar membuat esai karena ada beberapa kasus beasiswa yang wajib membuat essay serta personal statement. Silahkan anda baca Contoh Personal Statement dan Contoh Essay Beasiswa

Nahhh itu tadi tips dan trik Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri, semoga membantu sobattt. Silahkan anda bagikan ke sahabat dan keluarga anda yaa.

Tinggalkan komentar