Cara Mendapatkan Beasiswa Kedokteran Full Sampai Lulus

5/5 - (23 votes)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapat beasiswa kedokteran full beasiswa sampai dengan anda menyelesaikan pendidikan anda. Bagi anda lulusan SMA SMK Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran jangan takut dahulu mencobanya karena anda memiliki keterbatasan dana. Saat ini banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa baru atau on going untuk membantu dalam hal pembiayaan. Bagi anda yang sedang mencari program beasiswa S1 anda bisa membacanya di sini.

cara mendapat beasiswa kedokteran
cara mendapat beasiswa kedokteran

Cara Mendapatkan Beasiswa Kedokteran

Perlu sahabat ketahui bahwa cara mendapat beasiswa kedokteran sebenarnya sama dengan program-program beasiswa pada umumnya. Yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan dan melakukannya. Banyak orang diluar sana hanya membaca-membaca saja tapi tidak ada action yang dilakukan.

Dewasa ini anda tidak perlu takut untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran. Hal ini dikarenakan banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan kepada anda. Informasi tentang program beasiswa ini juga saat ini mudah di akses oleh siapapun dan kapanpun. Tidak seperti waktu saya kuliah dahulu, akses informasi sulit didapatkan. Untuk itu yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu dari sekarang.

Sertifikat Prestasi

Salah satu nilai tambah dari pelamar dalam proses seleksi rekrutmen sebuah program beasiswa adalah prestasi pelamar dari segi akademik dan non akademik. Silahkan anda kumpukan bukti prestasi yang sudah anda dapatkan. Biasanya dalam bentuk surat keterangan mengikuti sebuah kegiatan atau sertifikat yang diberikan kepada anda.

Dengan mengumpulkan sertifikat ini maka pastinya akan menjadi nilai plus anda dalam proses seleksi. Sertifikat bukan dalam hal akademik saja non akademik juga bisa lampirkan misalnya anda menjadi juara dalam lomba seni, olahraga dan lainnya.

Aktif Berorganisasi

Bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah, anda bisa mengikuti organisasi yang ada di sekolahmu. Baik OSIS, Ekstrakurikuler, pramuka atau yang lainnya. Jika anda menjadi pengurus atau terlibat dalam sebuah kepanitian, silahkan anda minta surat keterangan kepada guru pembimbing anda.

Surat keterangan menjadi pengurus OSIS atau organisasi lainya serta terlibat dalam keanggotaan kepanitian sebuah kegiatan juga bisa dilampirkan dalam program beasiswa. Silahkan minta tanda tangan kepala sekolah dan di cap basah sekolah anda.

Baca Juga  Beasiswa Pemuda Tanggap Berbagi: Beasiswa S1 sampai Lulus

Mencari Informasi Beasiswa Terupdate

Tentunya langkah awal anda untuk mendapatkan beasiswa kuliah adalah mencari informasi beasiswa terupdate. Kami Beasiswakuliah.co.id akan berupaya membantu sahabat untuk mendapatkan informasi program beasiswa S1 dan Diploma serta pascasarjana baik dalam dan luar negeri terbaru. Sehingga sahabat bisa mengaksesnya setiap hari.

Silahkan sahabat ikuti informasi terbaru dengan join di grup beasiswa kita, channel telegram kita, atau ikuti akun sosial media kita. Setiap ada informasi terbaru maka akan kita share di semua yang kita miliki.

Lengkapi Persyaratan

Setelah mendapatkan informasi dibukanya beasiswa kedokteran, maka catatlah setiap detail persyaratan yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran. Setiap universitas atau lemabaga pemberi program beasiswa kedokteran biasanya memberikan persyaratan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Namun pada umumnya persyaratannya sama.

Mungkin ada beberapa universitas yang mensyaratkan setiap pelamarnya menuliskan Essay Beasiswa, CV Beasiswa serta alasan anda layak mendapatkan beasiswa tersebut. Buatlah daftar ceklis sehingga anda bisa memantau dengan tepat mana persyaratan yang belum disiapkan. Jangan ada yang terlewatkan. Jika penyelenggara meminta untuk menscan dokumen pendaftaran, maka lakukan dengan ukuran yang diminta dan kualitas yang terbaik sehingga dokumen anda bisa terbaca dengan maksimal.

Test Buta Warna

Sebelum anda memutuskan untuk mendaftarkan diri di Fakultas Kedokteran, silahkan anda lakukan test buta warna secara mandiri. Biasanya test ini dapat dilakukan di rumah sakit swasta atau daerah. Hal ini diperlukan untuk proses pendaftaran. Jika hasil yang didapatkan menunjukan bahwa ada kelainan di mata kita terkait buta warna maka kita harus mengiklaskan diri untuk tidak melanjutkan pada fakultas tersebut.

Hal ini dikarenakan jurusan kedokteran dibutuhkan kemampuan melihat warna dengan baik. Hal ini berkaitan dengan warna syaraf, bagian-bagian tubuh lainnya. Sangat bahaya sekali jika seorang dokter tidak bisa memahami warna dengan baik.

Surat Keterangan Keluarga Prasejaktera

Beberapa program beasiswa memberikan persyaratan bahwa calon penerima program beasiswa adalah mahasiswa atau calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang membutuhkan bantuan program beasiswa. Persyaratan ini sangat sederhana dan sering diabaikan oleh pelamar.

Baca Juga  Beasiswa Pancakarsa untuk Mahasiswa S1

Jika anda memiliki waktu yang panjang, saran saya silahkan anda persiapakan surat ini diawal. Mintalah surat keterangan dari lurah dimana anda berdomisili sesuai KTP anda.

Daftar Beasiswa Kedokteran

Setelah anda memperhatikan Cara Mendapatkan Beasiswa Kedokteran diatas, ada dua skema beasiswa yang bisa anda dapatkan. Pertama anda bisa mendaftarkan diri pada awal ketika anda menjadi mahasiswa baru atau ketika anda sudah menjalani perkuliah sebagai mahasiswa kedokteran.

Berikut ini daftar universitas yang biasanya membuka program beasiswa kedokteran secara penuh. Silahkan anda perhatikan setiap persyaratan dan prosedur pendaftaran yang dibutuhkan:

Universitas Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia adalah salah satu tujuan yang diharapkan oleh siswa/i untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Kedokteran. Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan oleh UI yaitu BOPB (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan), Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB) serta Beasiswa KIP Kuliah.

BOPB (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) adalah penerapan dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UI, yang merupakan skema yang memungkinkan mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua, wali, atau penanggung biaya pendidikan. Artinya yang selama ini informasi beredar di masyarakat bahwa kuliah di Kedokteran membutuhkan biaya yang banyak bisa di tangani melalui skema ini. BOPB dapat diajukan oleh mahasiswa baru program S1 Reguler yang lulus dari jalur masuk SIMAK, SNMPTN dan SBMPTN. Setiap tahunnya terdapat mahasiswa yang dibiayai melalui skema ini.

Beasiswa Paripurna untuk Bangsa adalah beasiswa yang mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup untuk seorang mahasiswa kedokteran. Perlu anda ketahui bahwa para penerima beasiswa adalah mahasiswa hasil seleksi oleh Tim Seleksi Penerima Beasiswa Program BPuB. Yang menarik dari program ini adalah bahwa penerima program beasiswa tidak hanya membantu Biaya Pendidikan, tetapi juga biaya hidup dan bantuan fasilitas penunjang akademik. Bagaimana anda berminat untuk melanjutkan pendidikan anda di FK UI?

Universitas Pelita Harapan (UPH)

Sudah tidak asing lagi bagi pelajar tentang program beasiswa di UPH. UPH memberikan program beasiswa bukan hanya untuk guru namun tenaga kesehatan bahkan kedokteran juga diberikan dengan skema bantuan hingga lulus. Yang menarik dair Fakultas Kedokteran di UPH adalah salah satu program studi yang sudah dikenal bahkan di dunia Internasional.

Baca Juga  Beasiswa Universitas Al Azhar Mesir dari PBNU

Yang menarik dari program beasiswa UPH, biasanya para penerima program beasiswa akan mendapatkan ikatan dinas untuk mengabdi di instansi yang bernaungan di UPH. Contohnya anda yang sudah lulus anda diminta untuk mengabdi di RS Siloam. Rumah Sakit ini adalah salah satu rumah sakit ternama di Indonesia. Sangat disayangkan jika anda melewatkan program beasiswa ini.

Beasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya

Universitas Atma Jaya juga memberikan program beasiswa. Kategori program beasiswa yang diberikan juga beragam mulai dar 50% hingga 100% sampai anda menyelesaikan pendidikan profesi dokter. Yang perlu diperhatikan ketika anda akan mendaftarkan diri pada program beasiswa di Universitas Atma Jaya bahwa anda diminta untuk menyelesaikan pendidikan tepat waktu serta mengikuti pembinaan dan program yang dibuat oleh kampus.

Selain itu juga penerima program beasiswa akan diminta untuk mengabdikan diri sesuai dengan kategori program beasiswa yang anda terima. Menjalani ikatan dinas setelah lulus, yaitu 5 tahun untuk penerima beasiswa 50% dan sedikitnya 8 tahun untuk penerima beasiswa 100%.

Beasiswa Kedokteran Militer Universitas Pertahanan

Bagi anda yang ingin masuk kedunia militer anda juga bisa menjadi dokter di lingkungan militer. Anda bisa mengambil jurusan kedokteran di Universitas Pertahanan. Anda akan mendapatkan program beasiswa penuh selama menjalani pendidikan di kampus ini.

Silahkan anda persiapkan setiap persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran di Universitas Pertahanan ini.

Demikian ulasan tentang cara mendapat beasiswa kedokteran untuk anda lulusan SMA SMK Sederajat. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan kaluarga anda.

Tinggalkan komentar