Beasiswa Universitas Negeri Malang untuk S1, S2 dan S3

5/5 - (84 votes)

Beasiswa Universitas Negeri Malang untuk S1, S2 dan S3 – Salah satu alasan para pelajar SMA sederajat enggan melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan adalah faktor ekonomi serta mahalnya biaya pendidikan. Menjadi mahasiswa adalah impian para pemuda untuk terus melanjutkan cita-citanya. Sehingga tidak jarang terjadi bahwa banyak diantara mereka yang rela mengorbankan sebagian hartanya untuk terus berjuang melanjutkan studinya.

Beasiswa Universitas Negeri Malang
Beasiswa Universitas Negeri Malang

Tentang Universitas Negeri Malang

Jika anda ingin melanjutkan kuliah namun terkendala biaya anda itu tidak perlu dicemaskan lagi karena saat ini banyak lembaga dan instansi yang telah menyediakan berbagai beasiswa untuk mempermudah mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Salah satunya anda bisa mencoba di Universitas Negeri Malang.

Perlu anda ketahui bahwa Universitas ini berdiri pada tanggal 18 Oktober 1954. Namun pada awal pendiriannya Universitas ini bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Malang atau yang dikenal dengan IKIP Malang (1964–1999). Perlu sahabat ketahui bahwa IKIP Malang merupakan salah satu IKIP tertua di Indonesia.

Beasiswa Universitas Negeri malang

Untuk kalian yang sedang menempuh atau ingin melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang, jangan khawatir, karena di kampus ini terdapat beberapa bantuan beasiswa yang bisa membantu biaya perkuliahan Anda.  Untuk jenjang S1 terdapat beberapa macam beasiswa yang bisa kalian daftarkan

Beasiswa KIP

Bagi yang ingin mendaftar beasiswa KIP harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu berusia maksimal 21 tahun, tidak mampu secara finansial, mengurus rekomendasi kepala sekolah dan beberapa persyaratan lainnya.

Bagi yang lolos akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 600.000 serta biaya pendidikan Rp. 400.000 per bulan. Sejak tahun 2020, Universitas Negeri Malang konsisten telah memberikan bantuan bebas biaya kuliah sampai 8 semester bagi mahasiswa program S1 dan 6 semester bagi mahasiswa D3.

Baca Juga  Beasiswa Belajar Lagi untuk Mahasiswa S1 dan Diploma

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

PPA adalah program beasiswa dari Kemenristek Dikti untuk mahasiswa aktif di UM ini. Beasiswa PPA ini ditujukan untuk mahasiswa S1 dan mahasiswa semester 2 pada program D 3. Nah, jika Anda memiliki berbagai prestasi sejak SMA, maka Anda bisa ajukan beasiswa PPA ini untuk mendapatkan bantuan biaya kuliah sejak semester 1.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda harus memenuhi persyaratan berikut;

  • Mendapatkan perolehan IP minimal 3.00
  • adanya surat rekomendasi dari kepala sekolah,
  • KRS (Kartu Rencana Studi),
  • piagam penghargaan,
  • surat pernyataan telah diterima di lembaga perguruan tinggi tersebut,
  • surat pernyataan bahwa sedang tidak menerima beasiswa lain,
  • surat keterangan tidak mampu
  • dan beberapa persyaratan administrasi lain.

Beasiswa ini akan memberikan bantuan biaya kuliah sebesar Rp 350.000 setiap bulannya.

Beasiswa Supersemar

Beasiswa ini ditujukan untuk para mahasiswa aktif, memiliki keterbatasan finansial dan aktif dalam mengikuti organisasi di perkuliahan. Adapun syarat memperoleh beasiswa ini yaitu kamu harus mendapatkan IPK minimal 2.50, sedang berada di semester 3 dan maksimal semester 10, menyertakan surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa lain, menyertakan surat keterangan tidak mampu, dan beberapa persyaratan lain.

Bagi yang lolos, akan mendapatkan bantuan biaya kuliah sebesar Rp. 200.000 per bulan.

Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus ditujukan untuk mahasiswa yang aktif serta memiliki prestasi. Beasiswa ditujukan untuk para mahasiswa/I yang berprestasi dan aktif dalam organisasi baik di dalam maupun luar kampus. Beasiswa ini mensyaratkan pendaftar dengan IPK minimal 3.20, dan mahasiswa yang berada di jengang perkuliahan semester 4.

Baca Juga  Beasiswa G20 Australia Awards untuk S2 dan S3 di Australia

Untuk anda yang ingin mendaftarkan diri silahkan anda baca Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa ini berasal dari Bank Indonesia untuk jenjang S1 di berbagai kampus di Indonesia. Para mahasiswa/I yang menerima beasiswa BI ini akan dibimbing oleh komunitas, serta mendaptkan berbagai pelatihan secara berkala.

Sedangkan untuk jenjang S2, Anda bisa memilih bebrapa pilihan beasiswa, yaitu;

Beasiswa LPDP S2

Beasiswa ini dari Lembaga Pengelolaan Dana (LPDP) yang menjadi incaran berbagai kalangan mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang magister maupun ke jenjang doktoral. Adapun persyaratan umumnya adalah;

  • WNI
  • Telah lulus D4/S1 untuk pendaftar S2
  • Telah lulus S2 untuk pendaftar S3
  • Tidak sedang menempuh studi dari program magister maupun doctor, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri
  • WNI yang telah menyelesaikan jenjang magister, tidak dapat mendaftar pada program magister. Pun juga demikian, yang telah menyelesaikan program doktor tidak bisa mendaftar program beasiswa doktor.
  • Menyertakan surat rekomendasi dari akademis
  • Memilih perguruan tinggi tujuan serta program studi sesuai arahan perguruan tinggi dari LPDP
  • Hanya diberlakukan untuk kelas regular
  • dan beberapa persyaratan administrasi lainnya.

Universitas Negeri Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang bermitra dengan LPDP. Jadi Anda tak perlu cemas untuk mendapatkan beasiswa ini karena tidak adanya daftar kampus yang disediakan oleh pihak LPDP.

Jika anda ingin mendaftarkan diri silahkan anda baca Beasiswa LPDP

Beasiswa Unggulan S2

Jika Anda memiliki prestasi dan Anda ingin melanjutkan ke jenjang magister, maka pastikan  beasiswa ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Di samping itu, Beasiswa Unggulan ini juga dibuka untuk berbagai program studi apapun di berbagai kampus. Adapun persyaratannya adalah;

  • Memiliki sertifikat prestasi baik akademik maupun non akademik.
  • Tidak sedang menerima beasiswa lain.
  • Diterima di perguruan tinggi dengan minimal akreditasi B (sangat baik)
  • Nilai IPK S-1 minimal 3.25
  • Dikhususkan bagi mahasiswa yang memiliki skor TOEFL ITP 550/IBT 61 atau skor IELTS 6,0
  • dan beberapa persyaratan administrasi lainnya
Baca Juga  Jurusan Kuliah Sistem Informasi dan Peluang Kerja Jurusan SI

Beasiswa DIKTI

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang berada dalam naungan DIKTI. Terdapat beberapa macam beasiswa DIKTI, yaitu;

  • Beasiswa Bidikmisi S2, yaitu beasiswa lanjutan daripada beasiswa bidikmisi S1 (Beasiswa KIP)
  • Beasiswa PMDSU, yaitu Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor

Adapun beasiswa lainnya yang disediakan DIKTI tidak sesuai dengan para mahasiswa S2 Universitas Negeri Malang, karena ada persyaratan khusus sehingga tak bisa untuk mendaftarnya.

Sedangkan untuk jenjang doktor, perlu diketahui bahwa jumlah beasiswa yang ditawarkan  tidak sebanyak jenjang S1 ataupun S2 lagi. Di jenjang ini, Anda bisa mendaftar beberapa opsi beasiswa, diantaranya yaitu;

  1. Beasiswa BPI LPDP, yaitu Beasiswa Pendidikan Indonesia
  2. Beasiswa (BPP-DN), yaitu Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri
  3. Beasiswa PMDSU

Kontak Resmi

Jika anda ingin mendapatkan informasi terkait Universitas Negeri Malang, anda bisa kunjungi website resminya

Website um.ac.id

Itulah beberapa daftar beasiswa jenjang S1, S2 dan S3 yang cocok buat Anda terutama yang sedang menempuh studi di Universitas Negeri Malang. Segera daftarkan diri Anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

Tinggalkan komentar